Selasa, 12 Juni 2012

Pengertian Blog

Sedikit flashBack aja, biar gak garing dan stres karena tekanan tugas yang semakin hari semakin menyita waktu kita, heeee (sambil garuk2) ^_^

Pengertian Blog atau Weblog adalah catatan pribadi sesorang di internet. berisi informasi yang sering di update dan kronologis. Blog lebih identik dengan sebuah diary. Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Blog biasanya memiliki fitur, diantaranya:

Isi utama, biasanya berupa informasi yang bersifat kronologis, dan terbagi menjadi beberapa kategori
Arsip,  untuk berita atau informasi lama
Komentar, ada tempat buat orang lain meninggalkan pesan atau memberi komentar
Blogrol, terdapat link ke web/blog favorit atau yang sering dikujungi

Perbedaan Blog dan CMS

Software yang menyediakan metode untuk memanage sebuah website disebut sebagai sebuah CMS atau “Content Management System”. Software blogging bisa dimasukkan sebagai tipe khusus dari CMS. Tersedia fasilitas untuk me-maintain blog, dapat mem-publis artikel semudah menulisnya, bahkan mengorganisir kedalam satu atau kategori.


Terminologi Blog


Archives

Sebuah blog dapat digunakan untuk menyimpan track/histori dari artikel kita. Tersedia sistem arsip baik, bulanan maupun tahunan. Dapat pula disedian kalender untuk menghubungkan dengan arsip terkait. Arsip dapat pula dikategorisasi.

Feeds

Feed merupakan fungsi dari software khusus yang memungkinkan sebuah “Feedreaders” untuk secara automatis mengakses artikel baru dari suatu website lain.

Blogrolls

Blogroll merupakan list/daftar, mungkin juga berupa kategori, yang berisi link ke website lain yang menarik. Biasanya berisi link ke website dengan topik yang sama atau topiknya masih relevan.


Syndication

Untuk membaca feed digunakan tool yang biasa disebut “feedreaders”. Misalnya feedburner.

Komentar

Salah satu fitur yang menarik dalam blogging adalah kita dapat memberi komentar. Beberapa terminologi yang berkaitan dengan komentar adalah:


  • Trackbacks
  • Pingbacks
  • Verifying Pingbacks and Trackbacks
  • Comment Moderation
  • Comment Spam
  • Trackbacks


TrackBack didisain untuk memberi kemudahan dalam notifikasi antar website: misalnya:

Si-A menulis satu artikel di blognya.
Si-B ingin memberi komentar tentang artikel si-A, tetapi si-B ingin pembaca blog si-B tahu apa yang ia tulis tentang si-A, dengan berkomentar di blog si-B
B menulis artikel di blognya si-B dan mengirim trackback ke blognya si-A
Si-A menerima trackback, dan tampil sebagai komentar di artikel si-A. Komentar ini berisi juga link pada artikel si-B
Pingbacks

Pingbacks berlaku mirip trackback, dengan pingback, software blog si-B secara otomatis mengirim notifikasi bahwa artikel di blog si-A telah di link oleh artikel si-B. Terdapat 3 (tiga) perbedaan antara pingbacks dan trackbacks, yaitu:

Pingbacks dan trackbacks menggunakan teknologi komunikasi yang berbeda( Pingbacks menggunakan XML-RPC dan trackback menggunakan HTTP POST).
Pingbacks auto-discovery yaitu akan mencari link dalam post dan akan berusaha untuk melakukan pingback link tersebut, sedangkan trackbacks harus dilakukan manual.
* Pingbacks tidak mengirim isi artikel.
Pingbacks adalah sebuah remote comments:

Si-A menulis artikel diblog si-A.
Si-B menulis artikel diblog si-B, dan menambah link ke artikel si-A. Blog si-B otomatis mengirim pingback ke si-A, dengan syarat kedua blog tersebut mendukung pingback enabled.
Blog si-A menerima pingback, dan otomatis mengirim ke artikel si-B mengkonfirmasi bahwa pingback diterima.
Beberapa Tip nge-Blog

Memulai nge-Blog tidak sulit tapi tidak mudah, banyak yang nge-blog tapi tidak ada pengunjung atau yang memberi komentar dan menyerah ditengah jalan. Untuk itu ada beberapa tip, yaitu:

Buat artikel secara teratur, tetapi jangan asal tulis, harus yang baik.
Konsentasilah pada topik yang spesifik.
Jangan letakkan ’subscribe’ atau ‘vote me’ pada halaman utama, berkesan sombong.
Gunakan konsep KIS ( Keep It Simple ) baik pada theme maupun tulisan, harus padat namun tidak berkesan bertele.
Bersenang2 lah, nge-blog untuk kesengan, beri komentar pada blog orang lain ( mudah2an mereke juga mengunjungi blog anda).

Gimana, cukup lumayan refresingnya lah .. heeehhehh ^_^

sumber : Master MasBroo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar