Selasa, 12 Juni 2012

Kelebihan dari WordPress.com

WordPress.com merupakan penyedia blog yang paling banyak digunakan. Kelebihan blog WordPress .com diantaranya:


WordPress Gratis


Pengguna WordPress  tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis untuk membuat akun dan memakai berbagai fasilitas yang diberikan oleh pihak wordpress.com ini. Hanya dengan modal email saja proses registrasi dapat dilakukan dan pengguna (blogger) sudah dapat memilki dan mengelola content blognya.




WordPress Is Simple


Simple is beauty, Simple is Fast, mungkin kalimat itulah  yang cocok untuk menggambarkan user interface WordPress. Boleh dibilang kesederhanaan WordPress adalah kekuatannya. Karena kesederhanaanya fitur-fitur yang dijalankan menjadi lebih responsive dan aksebilitasnya lebih baik. Apalagi wordpress telah didukung dengan teknologi AJAX sehingga usabilitasnya tidak terabaikan. WordPress juga mendukung teknologi Gearfitur Turbo. Fitur ini bisa diaktifkan melalui Dashboard – Tools – Turbo. Keuntungan menggunakan Turbo adalah loading halaman Dashboard menjadi lebih cepat karena file pendukung didownload dalam komputer Anda. Sayangnya fitur ini hanya bisa dipakai di Firefox dan IE, belum bisa di Opera.



Fitur WordPress lengkap dan menarik


Kelebihan WordPress lainnnya adalah dari segi fiturnya. Pihak wordpress.com selalu memberikan fitur yang relatif lengkap dan menarik kepada penggunanya. Fitur ini akan ditambahkan setiap waktu. Fitur-fitur  ini telah tersedia untuk langsung digunakan sehingga kenyamanan dalam aktivitas blogging akan terjamin. Fitur-fitur wordpress, antara lain:


Taut WordPress


Taut memungkinkan Anda untuk menciptakan, memelihara dan memperbarui sejumlah blogroll dari antarmuka administrasi Anda. Hal ini jauh lebih cepat daripada memanggil pengelola blogroll eksternal.


Tema WordPress


WordPress hadir dengan sebuah sistem tema penuh yang membuat segala pendesainan dari yang paling sederhana hingga webzine yang paling rumit pun menjadi sebuah pekerjaan enteng. Anda bahkan dapat memiliki berbagai tema yang benar-benar berbeda yang Anda tukar dengan sekali klik. Milikilah desain baru setiap harinya.


Komentar


Pengunjung ke situs Anda dapat meninggalkan pesan pada masing-masing entri, dan melalui Lacakbalik serta Pingbalik dapat memberi komentar pada situs mereka sendiri. Anda dapat menghidupkan atau mematikan fitur komentar pada masing-masing tulisan.


Pendaftaran pengguna


WordPress memiliki sistem registrasi yang (jika Anda pilih) dapat memperbolehkan orang mendaftar ke blog Anda. Anda juga dapat menutup komentar bagi pengguna yang tidak terdaftar. Ada juga plugin yang menyembunyikan tulisan dari pengguna tingkat rendah.


Tulisan Terproteksi Kata Sandi


Anda dapat memberikan kata sandi kepada masing-masing tulisan untuk menyembunyikannya dari publik. Anda juga dapat memiliki tulisan pribadi yang hanya bisa dilihat oleh penulisnya sendiri.


Bookmarklets — Bookmarklets lintas perambah mempermudah penerbitan ke blog Anda atau menambahkan taut ke dalam blogroll Anda dengan usaha minimal.


Post Thumbnails


menambahkan gambar secara otomatis ditampilkan dengan post di berbagai views (halaman utama, arsip, dll). WordPress logo pada posting ditambahkan dengan fitur ini.


Trash


Status item yang dihapus seperti posting, halaman, dan komentar sekarang berpindah ke “sampah“, dan dapat dipulihkan kemudian, sama seperti menghapus file di sebagian besar sistem operasi modern (modern operating system).


Edit Gambar


Fitur ini digunakan memmanipulasi gambar dasar yang ada album media. Fitur ini dapat memutar, flip, mengubah ukuran, dan memotong gambar.


Comment metadata


plugin dan tema mengambil dari metadata untuk komentar, seperti untuk posting, halaman, dan pengguna. Membuat lebih mudah untuk membuat plugin untuk menyorot “populer” atau “panas” komentar.


Kustomisasi Tipe Post


Secara umum tipe post berupa ‘post’, ‘halaman’, dan ‘lampiran’. Dengan adanya fitur ini kita dapat mengkustomisasi tipe post.


Media Embed


Plugin Viper’s Video Quicktags sudah termasuk di dalam core, diantaranya dukungan untuk oEmbed standar. Dengan oEmbed, anda hanya perlu paste di URL untuk halaman yang berisi embeddable media, dan dapat mendeteksi otomatis untuk menanamkan dalam posting Anda. Layanan didukung sejauh ini YouTube, Google Video, PollDaddy, dan DailyMotion. Plus, secara teoritis, setiap layanan yang mendukung oEmbed, yang saat ini termasuk YouTube, Flickr, Vimeo, Viddler, Qik, dan Hulu, (menurut oEmbed situs).


Wordprees SEO friendly


SEO (Search Engine Optimized) adalah sebuah proses halaman web agar dapat dibaca dengan lebih baik oleh search engine yang bersifat crawler (Google, Yahoo, MSN, dll). Proses SEO dapat melibatkan halaman web itu sendiri, namun tidak menutup kemungkinan juga melibatkan website yang lain. Berbagai fasilitas diberikan Wordpres untuk mendukung SEO, sehingga wordpress dikenal paling SEO friendly, dibanding penyedia blog yang lain. Fitur-fitur yang diberikan seperti:


Index Blog


Blog di wordpress akan terindex otomoatis, tanpa harus didaftarkan dibergai search engine dam tidak membutuhkan waktu yang lama. URL di blog wordpress pun sudah SEO dengan sendirinya tanpa memerlukan tambahan plugin apapun.


Backlink


Setiap tag yang disertakan dalam setiap artikel akan terindeks di global tags pada situs wordpress.com. Dengan demikian secara otomatis setiap tag mendapatkan backlink dari wordpress.com


Pagerank


Pageran adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google. Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10. Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil. Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap alaman web.


Komunitas


Adanya komunitas sesama blogger di wordpress.com merupakan keunggulan yang tidak dimiliki oleh blog lain. Setiap pengguna blog di wordpress.com otomatis diikutsertakan di dalam komunitas ini. Dengan diikutsertakan dalam komunitas memungkinkan blog mendapatkan traffic berlimpah dan semakin besar dari pengunjung lain sesama blogger wordpress.com, jika blog ataupun artikel kita menempati peringkat BOTD (blog of the day).


WordPress dilengkapi fitur Anti Spam yang tangguh


Wordpres di lengkapi Plugin Akismet, yang sudah terkenal keampuhannya dalam memfilter komentar spam. plugin ini berfungsi untuk memilah mana komentar spam dan mana yang bukan. Jika ditemukan komentar spam maka komentar tersebut tidak akan langsung dalam postingan Anda, tetapi akan masuk dalam daftar karantina spam di dashboard Anda. Akismet adalah top de-spamifying untuk situs wordpress. Sebaiknya segera plugin Akismet Anda. Jika situs Anda memiliki traffic yang tinggi, maka Anda membutuhkan proteksi yang lebih.


Kemampuan tipografis


WordPress menggunakan mesin Texturize untuk secara cerdas mengonversi ASCII murni ke dalam entiti XHTML yang benar secara tipografis. Hal ini termasuk tanda kutip, apostrof, elips, tanda garis em dan en, simbol perkalian, dan ampersand. Untuk informasi mengenai penggunaan entiti yang benar lihat artikel Peter Sheerin The Trouble With Em ’n En.


WordPress memungkinkan Penulisan berjenjang


Sistem pengguna WordPress yang mutakhir memungkinkan penjenjangan pengguna hingga 10 tingkat, dengan setiap tingkatnya memiliki kewenangan yang berlainan (dan dapat diatur) terhadap penerbitan, penyuntingan, opsi, dan pengaturan pengguna lain.


Server WordPress handal


Dari segi server wordpress.com sudah terbukti kehandalannya. Bahkan ada yang menulis bahwa  server wordpress.com uptime sampai 99%.. WordPress.com mempunyai beberapa server sehingga jika terjadi salah satu server down maka server yang lain akan siap untuk mengcover. Blogger tidak perlu pusing urusuan server baik sekurity atau manajemen serverya.


Bandwidth WordPress Tidak Terbatas


Pihak wordpress.com memberikan bandwitdth yang tidak terbatas. Jadi blogger tidak perlu memikirkan tentang banyaknya traffic yang mengaksea blognya dan blogger tidak perlu memikirkan kuota bandwidth jika terjadi overload. Hal ini berbeda jika blogger hosting sendiri, aksebilitas blog akan  dibatasi oleh batasan bandwidth yang diberikan oleh pihak hosting.


Kapasitas Memory WordPress 3GB


Pihak wordpress.com memberikan kapasitas data space kepada setiap bloggernya cukup besar, yaitu 3 Gb. Sehingga blogger memiliki kesempatan yang cukup luas untuk menulis berbagai artikel dan  mengupload berbagai dokumen, file-file multimedia yang akan melengkapi postingannya.


Upgrading Wodrpress Berjalan Otomatis


Blogger tidak akan dipusingkan dengan masalah upgrade versi wordpress terbaru. Hal ini berbeda jika blogger  memakai wordpress hostingan sendiri, dimana blogger masih harus memikirkan atau melakukan upgrading sendiri untuk versi wordpress  yang terbaru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar